Yak, tepat 20 hari menjelang tes SBMPTN. Hatiku sungguh berdebar-debar. Ketakutan menggerogoti tubuhku yang belum siap ini. Masih banyak kekurangan yang belum teratasi. Banyak juga kelebihan yang belum tergali.

20 hari menjelang tes SBMPTN. Meja belajarku makin tak karuan. Lembar-lembar soal berserakan disana-sini melambai-lambai minta dikerjakan. Dan aku masih terpaku bingung menatap ketidaksiapanku.

20 hari menjelang tes SBMPTN. Aku hanya yakin kepada 5 bab yang aku kuasai. Bukan 5 bab/pelajaran. Tapi, 5 bab keseluruhan. Aku sedih, kecewa. SBMPTN sudah sedekat ini tapi aku malah menjauh. Tetapi, aku sadar ini bukanlah saat yang tepat untuk bersedih dan kecewa. Aku belum gagal. AKU BELUM GAGAL.

20 hari menjelang tes SBMPTN. Semangatku semakin berkobar. Tapi, tubuhku enggan bergerak. Otakku terlampau malas dan membuat sugesti 'lelah' semaunya. Aku butuh lebih banyak motivasi, dan aku sadar akulah satu-satunya motivator terbesar untuk diriku sendiri.

49 hari lagi aku akan kembali untuk menuliskan keberhasilanku melewati tes SBMPTN ini. Aku janji. Amin.

see you---